Sunday, January 31, 2016

Tentang Kalimalang

Sejarah Kalimalang

Bila berkunjung ke daerah bekasi maka kita akan melihat sungai yang membentang di tengah-tengah kota Bekasi,sungai yang sangat panjang mulai dari waduk jatiluhur purwakarta sampai dengan wilayah Jakarta timur. Kalimalang awalnya bukan sungai atau kali yang terjadi dari proses alam melainkan dibuat oleh manusia dengan sengaja untuk tujuan tertentu.



Kalimalang atau saluran Tarum barat dibangun pada tahun 1968


awalnya kalimalang di buat untuk menyalurkan air dari bendungan waduk jatiluhur untuk mensuplai pasokan air PDAM atau PAM yang diolah menjadi air bersih dan selanjutnya disalurkan kerumah-rumah. Jika di telusuri dari arah Jakarta maka kalimalang dimulai dari cawang baru hingga kearah timur melalui kampung melayu, pondok bambu, pondok kelapa, lampiri, sumber arta, perumahan jaka permai, perumahan galaxi, mall metropolitan bekasi. Kemudian saluran kalimalang digunakan untuk mengaliri areal pertanian mulai dari tambun, cibitung, cikarang, karawang sampai cikampek. 

Dari tata letak geografisnya kalimalang memiliki beban yang sangat berat karena pembangunan di sisi kiri dan kanan jalan sangat pesat dan pertumbuhan penduduk yang begitu cepat. Apalagi setelah pembangunan jalan raya inspeksi jalur kalimalang pada tahun 1990an. Sebelum jalur kalimalang dibuat aspal, jalur ini sangat sepi dan jarang dilewati oleh masyarakat apalagi saat malam hari dan sering sekali terjadi tindak kriminal di jalan kalimalang. 

Asal usul nama kalimalang adalah rata rata sungai atau kali alam di wilayah jawa barat mengalir dari arah selatan ke utara atau dari arah utara ke selatan, karena pantai di jawa barat berada di bagian utara dan selatan. Tetapi sungai kalimalang posisinya melintang dari timur ke barat tidak seperti sungai alam pada umumnya yang mengalir dari hulu ke hilir atau dari gunung ke laut. Jadi kalimalang di buat posisinya diatas sungai alam yang membentang dari selatan ke utara, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di daerah cipinang melayu posisi kalimalang berada diatas kali sunter. Dengan posisi menyilang kali sunter kearah utara dan kalimalang kearah barat.

1 comment: